Rabu, 25 November 2009

Si "Sayur" Merah yang Berkasiat Wow.

Setiap hari mungkin lauk pauk yang tersaji diatas meja makan kita tak pernah kurang dari yang namanya sayur. Namun sejauh ini mungkin kita hanya mengenal sayur-sayuran yang berwarna hijau. Tapi tahukan ibu-ibu bahwa selain sayur yang berwarna hijau terdapat juga beberapa jenis sayur yang berwarna merah dan khasiatnya wow tak kalah dengan saudara-saudaranya yang berwarna hijau dan kandungan gizinya sangat bermamfaat bagi tubuh kita.

Berdasarkan riset pakar, bahwa sayuran yang berwarna merah adalah sumber betakaroten yang sangat baik untuk tubuh mereka mengandung zat yang bernama "antosianin dan likopen. Antosianin berguna untuk mencegah infeksi dan kanker kandung kemih, sedangkan likopen menghambat fungsi kemunduran fisik dan mental agar tidak mudah pikun.

Berikut beberapa sayuran yang memiliki khasiat yang bermamfaat bagi tubuh.


#1. Bit yang berwarna ungu tua kemerahan. Bit banyak mengandung zat gizi, 1 cup Bit yang telah matang mengandung 29 kalori dan 2 gram serat dan memberikan 19% kebutuhan per hari folate yang sangat baik untuk pertumbuhan sel baru. Bit sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang menderita anemia dan demam berdarah. Bit sering dipergunakan untuk campuran salad, juga dapat dibuat acar atau campuran jus.

#2. Cabai Merah yang memiliki rasa pedas yang bisa dipergunakan untuk sambel ternyata juga mengandung zat yang sangat bermamfaat bagi tubuh kita. Cabai merah mengandung zat capsaicin yang merupakan zat antioksidan yang dapat melindungi pembuluh darah. Capsaicin dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan merangsang sel otak yang mengendalikan rasa lapar pada tubuh.


#3. Tomat tentulah tidak asing lagi bagi ibu-ibu rumah tangga, selain dijadikan jus tomat juga dapat dijadikan sayur atau penyedap rasa pada soup. Tomat merupakan sumber vitamin A dan vitamin C, potossium dan serat, selain itu tomat juga kaya akan lycopene antioksidan yang baik untuk menghambat proses penuaan pada kulit, memerangi sel kanker dan penyakit jantung.

#4. Kol Merah sering digunakan sebagai sayur campuran pada salad. Kol merah kaya akan vitamin C dan E yang merupakan antioksidan melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel sehat serta membuang racun dari dalam tubuh. Dengan banyak mengkonsumsi Kol Merah dapat menghambat tumbuhnya sel kanker payudara pada kaum wanita.


#5. Bayam Merah adalah sayur yang paling mudah dijumpai baik di pasar rakyat maupun pasar swalayan. Bayam merah banyak mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin a, B dan C. Bayam Merah memiliki khasiat meningkatkan kerja ginjal dan melancarkan percernaan.


#6.Ubi Merah masih satu keluarga dengan ubi jalar hanya warnanya yang berwarna ungu kemerah-merahan. Ubi merah mengandung vitamin A serta trio antioksidan yaitu betakaroten, vitamin C dan A. Khasiatnya menjaga kesehatan mata, mencegah menurunnya daya ingat, dan melindungi kulit dari penuaan.
Sampai disini saja sedikit informasi tentang sayur-sayuran yang berwarna merah dan kandungan gizi dan khasiatnya terus ikuti artikel yang akan diterbitkan di Desi's Kitchen. Semoga artikel yang ada disini memberikan mamfaat kepada semua pengunjung Blog Desi's Kitchen terutama ibu-ibu rumah tangga. Sampai Jumpa...














1 komentar: